Makan Malam Kenyang Khas Vietnam di Pho Saigon Mangga Besar

Hào quang! Setelah sekian purnama, mari kita melipir sebentar ke Ibukota Jakarta untuk kulineran, ya! Kali ini aku mau cerita soal pengalaman aku cobain makanan dari Negeri Naga Biru. Yap, aku dan Tim Uncov akhirnya mampir ke Pho Saigon di Mangga Besar.

 

Lokasinya ada di Jl. Raya Mangga Besar No. 72, Jakarta Barat. Dari luar agak nyempil dan tertutup, apalagi di malam hari ramai dengan pedagang durian. Perihal parkir memang agak pe-er karena terbatas dan posisinya. Opsi lainnya, Saigon Pho lokasinya berdekatan dengan stasiun kereta Mangga Besar dan halte bus Seberang Hotel Peninsula. Katanya biasa ramai di siang hari, tapi cukup lengang di malam hari.

Sering baca reviewnya, Pho Saigon jadi spot OG untuk menikmati hidangan Vietnam di tengah Kota Jakarta. Gak hanya terkenal dengan sajian Pho-nya, Pho Saigon punya menu lainnya yang gak kalah menarik untuk dicoba. Penasaran? Simak terus, ya!

 

Mampir Sebentar ke Saigon, Vietnam

 

Tampilan luar Pho Saigon cukup menarik perhatian. Suasananya mirip dengan street food yang ada di Vietnam. Area duduk di luar cocok banget untuk seruput Kopi Vietnam yang bisa dipesan di sini sambil menatapi mobil dan motor yang lalu lalang.

 

Masuk ke dalam, pelanggan juga disajikan dengan interior hangat nan sederhana. Ada ornamen topi caping khas Vietnam yang menghiasi dindingnya. Area duduk di dalam lebih banyak, bisa ajak-ajak teman dan keluarga untuk makan bersama.

Sudut kecil dan unik untuk mencicipi kuliner tersohor dari Vietnam. Mungkin bukan yang paling otentik, tapi bisa menghadirkan citarasa Vietnam yang lebih diterima di lidah orang Indonesia. Kalau dari reviewnya memang makanan di sini tidak terlalu masam seperti aslinya. Penasaran, kaya gimana ya makanannya?

 

Opsi Kenyang untuk Makan Malam di Mangga Besar

 

Pilihan menu Pho Saigon memang terbatas, tapi cukup untuk cicip-cicip. Aku dan Tim Uncov cobain semua menu rekomendasi dan favorit pelanggan di sini. Ada apa aja?

 

Pho bo (beef noodle soup), Rp. 63.000 – Seperti Pho pada umumnya, seporsi Pho bo berisi mie beras dan potongan daging dalam kuah kaldu bening yang harum dan disajikan dengan sayur dan bumbu sebagai pendamping. Ada tambahan toge segar, daun ketumbar, cabai rawit iris dan jeruk nipis. Kuahnya sendiri gurih dan semu manis, harus dicampur semua sampingannya biar komplit dan bisa diperkuat dengan tambahan kecap asin atau kecap ikan. Porsinya lumayan mengenyangkan untuk sendiri, makanya pas makan di sini aku bagi dua (biar bisa nyicip menu lainnya, hehe)

 

Bun cha gio (noodle salad), Rp. 60.000 – Salad yang satu ini porsinya besar sekali! Menurutku ini menu yang paling segar dan mepet otentik karena rasa asamnya kuat dan banyak daun ketumbar. Terdiri dari mi beras dengan potongan timun, wortel, ayam bakar berbumbu pekat kaya kecap dan kacang manis, serta lumpia goreng yang disiram kuah asam manis pedas. Thơm ngon!

 

Hu tieu pho bo (Hu tieu beef noodle soup), Rp. 63.000 – kalau katanya Pho itu khasnya Vietnam Utara, Hu tieu asalnya dari Selatan. Formatnya masih sama, yakni mi beras dengan potongan daging, tapi disajikan dengan kuah kaldu yang berempah. Warnanya merah menggoda, rempahnya hangat di tenggorokan dan sedikit pedas, lebih harum serai dan cabai. Kalau kalian mencari sensasi makanan yang memiliki “body” lebih berat, harus cobain yang satu ini!

 

Banh mi ga nuong (Vietnamese chicken sandwich), Rp. 42.000 – merupakan sandwich dengan ayam panggang dalam roti baguette. Sandwich ini berisi sayur, acar, daun ketumbar, mayones dan ayam panggang berbumbu. Tekstur rotinya renyah di luar dan lumayan lembut di dalam. Isinya banyak tapi rasanya standar banget. Kalau mau lebih nendang bisa tambah sambal.

 

Ban cuoi (banana cake) Rp. 18.000 – porsinya ga nanggung, jangan iseng pesan buat sendirian kalau sudah habis pesan makan 1 porsi (menu apapun) di sini karena super kenyang. Isinya berupa pisang yang dilumatkan, kemudian dikukus dan diberi saus santan. Rasanya manis dan sedikit asam dengan aroma pisang yang khas. Kalau cek di gugel sih mungkin ini versi simpelnya dari puding roti pisang Banh Chuoi Nuong. Unik juga buat cicip-cicip!

 

Surprisingly, semua menu yang aku dan Tim Uncov coba rasanya enak dan acceptable di lidah Indonesia. Sayur mayurnya segar dan renyah, kuah kaldunya berasa dan yang paling ok adalah isian spring roll-nya sangat padat. Rogoh kocek sedikit dengan porsi yang bikin kenyang tentunya sangat worth it, wajib coba!

Pho Saigon Mangga Besar

Jl. Raya Mangga Besar No. 72, Jakarta Barat
Buka setiap hari, pk. 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: 0812-1851-1155





Dapatkan update artikel Uncov